Konsultasi Iman

Apakah Bisa Mengaku Lewat Internet ?

Apakah mungkin bagi seorang katolik untuk mengaku dosa - yaitu, menerima sakramen rekonsiliasi - melalui internet?

Jawaban: 

Sebelum menjawabi pertanyaan ini, kita masing-masing seharusnya terlebih dahulu menjawab beberapa pertanyaan utama yang terkait dengan hal ini, antara lain:
1. Mengapa kita perlu mengaku dosa? Memang mengaku dosa itu penting dan wajib, tetapi mengapa? Coba bertanyalah kepada dirimu sendiri, mengapa berdosa tidak diperbolehkan?

Proses Seseorang Diangkat Menjadi Santa / Santo

Mohon dijelaskan mengenai proses seseorang dimaklumkan sebagai seorang santa / santo.

Jawaban: 

Proses resmi untuk memaklumkan seseorang sebagai seorang santa/ santo disebut KANONISASI. Sebelum tahun 1234, Gereja tidak memiliki suatu prosedur resmi yang demikian. Biasanya, para martir dan mereka yang dianggap kudus, dimaklumkan sebagai santa/ santo oleh Gereja pada saat wafat mereka.

Suara Gembala

Pesan Paskah Uskup Agung Kupang

“Jangalah seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.” (1Kor 10:24)
 
Saudara-saudari terkasih,

Tokoh

Santo Paus Leo Agung

Santo Paus Leo I adalah Paus ke-45 dalam sejarah Gereja Katolik. Ia merupakan yang pertama dari 4 orang Paus yang dianugerahi gelar "Agung" (the Great).

Renungan Harian

Inilah AnakKu yang kekasih, Dengarkanlah Dia!

Sabtu, 23 Februari 2019 -- Peringatan Wajib St. Polikarpus
BcE. Ibr. 11:1-7; Mzm. 145:2-3,4-5,10-11; Mrk. 9:2-13;
BcO 1Kor. 10:1-14 -- warna liturgi Merah

Injil hari ini berkisah tentang Yesus yang mengalami transfigurasi di atas gunung. Dia tidak tampak seperti manusia biasa, tetapi wajah-Nya berkilau-kilauan dan pakaian-Nya sangat putih.