Konsultasi Iman

Apakah Bisa Mengaku Lewat Internet ?

Apakah mungkin bagi seorang katolik untuk mengaku dosa - yaitu, menerima sakramen rekonsiliasi - melalui internet?

Jawaban: 

Sebelum menjawabi pertanyaan ini, kita masing-masing seharusnya terlebih dahulu menjawab beberapa pertanyaan utama yang terkait dengan hal ini, antara lain:
1. Mengapa kita perlu mengaku dosa? Memang mengaku dosa itu penting dan wajib, tetapi mengapa? Coba bertanyalah kepada dirimu sendiri, mengapa berdosa tidak diperbolehkan?

Proses Seseorang Diangkat Menjadi Santa / Santo

Mohon dijelaskan mengenai proses seseorang dimaklumkan sebagai seorang santa / santo.

Jawaban: 

Proses resmi untuk memaklumkan seseorang sebagai seorang santa/ santo disebut KANONISASI. Sebelum tahun 1234, Gereja tidak memiliki suatu prosedur resmi yang demikian. Biasanya, para martir dan mereka yang dianggap kudus, dimaklumkan sebagai santa/ santo oleh Gereja pada saat wafat mereka.

Suara Gembala

Pesan Natal 2020 dari Uskup Agung Kupang

“Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus” (1Ptr.4:11)
 
Saudara-saudari terkasih,
 

Tokoh

Santo Polikarpus

Polikarpus lahir antara tahun 69 hingga 80. Ia adalah murid langsung dari Rasul Yohanes, saudara Yakobus; dua bersaudara, yang sangat dikasihi Yesus. Ia dibabtis menjadi seorang Kristen oleh Rasul Yohanes ketika pengikut Kristus masih sangat sedikit jumlahnya.

Renungan Harian

Kamu Telah Menerima Dengan Cuma-Cuma

Sabtu, 5 Desember 2020 -- Hari Biasa Pekan I Adven

Yesus dalam Injil hari ini dikisahkan berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Dan ketika melihat orang banyak, hatinya tergerak oleh belas kasihan kepada mereka.