Konsultasi Iman

Apakah Bisa Mengaku Lewat Internet ?

Apakah mungkin bagi seorang katolik untuk mengaku dosa - yaitu, menerima sakramen rekonsiliasi - melalui internet?

Jawaban: 

Sebelum menjawabi pertanyaan ini, kita masing-masing seharusnya terlebih dahulu menjawab beberapa pertanyaan utama yang terkait dengan hal ini, antara lain:
1. Mengapa kita perlu mengaku dosa? Memang mengaku dosa itu penting dan wajib, tetapi mengapa? Coba bertanyalah kepada dirimu sendiri, mengapa berdosa tidak diperbolehkan?

Proses Seseorang Diangkat Menjadi Santa / Santo

Mohon dijelaskan mengenai proses seseorang dimaklumkan sebagai seorang santa / santo.

Jawaban: 

Proses resmi untuk memaklumkan seseorang sebagai seorang santa/ santo disebut KANONISASI. Sebelum tahun 1234, Gereja tidak memiliki suatu prosedur resmi yang demikian. Biasanya, para martir dan mereka yang dianggap kudus, dimaklumkan sebagai santa/ santo oleh Gereja pada saat wafat mereka.

Suara Gembala

Pesan Paskah Uskup Agung Kupang

“Jangalah seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.” (1Kor 10:24)
 
Saudara-saudari terkasih,

Tokoh

Santo Paus Leo Agung

Santo Paus Leo I adalah Paus ke-45 dalam sejarah Gereja Katolik. Ia merupakan yang pertama dari 4 orang Paus yang dianugerahi gelar "Agung" (the Great).

Renungan Harian

Lebih berguna bagimu, jika satu orang mati demi seluruh bangsa

Sabtu, 13 Maret 2019 -
Yeh. 37:21-28; MT Yer. 31:10,11-12ab,13; Yoh. 11:45-56.
BcO Ibr. 13:1-25 --- warna liturgi Ungu

Apa yang dikatakan oleh Kayafas dalam Injil hari ini sekilas nampak sebagai langkah bijaksana untuk keselamatan suatu bangsa. Jika ditinjau dari situasi politik, pendapat tersebut memang masuk akal. Yesus dianggap provokator di kalangan rakyat.