STIPAS Kupang Rayakan 16 Tahun Berdiri

Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang (STIPAS KAK) merayakan hari jadinya yang ke 16 pada tanggal 11 November 2017. Perayaan yang mengambil tempat di Aula STIPAS Keuskupan Agung Kupang ini ditandai dengan misa syukur yang dihadiri oleh segenap dosen, pegawai, mahasiswa-mahasiswi, para alumni serta undangan lainnya, dan kemudian dilanjutkan dengan resepsi bersama.
 
Dalam sambutannya pada perayaan sukacita ini, Ketua STIPAS KAK, RD Gerardus Duka, mengajak segenap civitas akademika STIPAS KAK untuk bersama merefleksikan sebuah pertanyaan mendasar, apa yang mau kita lakukan ke depan? Karena menurut beliau, jawaban atas pertanyaan ini akan sangat menentukan arah yang hendak dituju oleh lembaga ini di masa yang akan datang. Karenanya, lebih lanjut Romo Gerardus juga mengajak semua pihak yang ada di dalam lembaga pendidikan para calon guru agama katolik ini untuk merefleksikan keberadaan lembaga pendidikan ini sebagai sebuah komunitas yang bersaudara satu sama lain.
 
“Pada setiap kali kita merayakan sebuah peristiwa seperti ini, kita perlu selalu melakukan refleksi. Refleksi sebagai dosen, sebagai pegawai dan sebagai mahasiswa-mahasiswi. Saya ulangi lagi bahwa komunitas atau sebagai sekolah tinggi kita ini penting, karena kita punya karakter lain. Maka itu kita membutuhkan dari tahun ke tahun perayaan ini untuk membangun kembali komitmen kita semua. Kita di sini bukan lembaga politis, tetapi kita ini sebagai satu komunitas yang mana semua kita ini adalah sahabat-sahabat, semua kita ini adalah saudara-saudari satu sama yang lain, dengan segala kelemahan serta kemampuan kita masing-masing. Untuk itu sudah sepantasnya kita bersama bersyukur kepada Tuhan atas usia yang ke-16 tahun ini,” ujar Romo Gerardus.
 
Perayaan yang mengambil tema Bersama Dalam Mewartakan Kabar Gembira ini juga dilaksanakan sebagai penutupan rangkaian kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional di lembaga pendidikan ini, yang telah berlangsung sejak bulan September 2017 dan telah diisi dengan pelbagai macam perlombaan dan pertandingan. Lebih dari pada itu, perayaan syukur ini pun menjadi kian istimewah karena menjelang HUT-nya yang 16, STIPAS KAK juga berhasil meraih Predikat Gold pada kegiatan lomba paduan suara antar mahasiswa STIPAS se-Indonesia yang dilaksanakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia di Jakarta, dengan meraih peringkat kedua dari 22 peserta. Sebuah prestasi yang oleh dosen pendamping kemahasiswaan dikatakan sebagai kado istimewah bagi lembaga ini di usianya yang ke-16. “Selamat dan proficiat bagi  Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang. Bae sonde bae, STIPAS Kupang lebe bae.” ***

Suara Gembala

Kita Mengasihi Tidak Dengan Perkataan Tetapi Dengan Perbuatan

1.“Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan tetapi dengan perbuatan” (1Yoh 3:18). Perkataan ini dari rasul Yohanes mengungkapkan suatu perintah dari mana tak seorang Kristiani pun dapat mengelak.

Tokoh

Santo Albertus Agung, Uskup dan Pujangga Gereja

Albertus lahir di Lauingen, danau kecil Danube, Jerman Selatan pada tahun 1206. Orang tuanya bangsawan kaya raya dari Bollstadt. Semenjak kecil ia menyukai keindahan alam sehingga ia biasa menjelajahi hutan-hutan dan sungai-sungai di daerahnya.

Renungan Harian

Mari Membangun Dunia Baru Yang Harmonis

Selasa, 5 Desember 2017,
Filipus Rinaldi, Bartolomeus Fanti, Sabas
Yes. 11:1-10; Mzm. 72:2,7-8,12-13,17; Luk. 10:21-24
BcO Yes 2:6-22; 4:2-6
warna liturgi Ungu

Rencana keselamatan terus menerus disampaikan Tuhan kepada umat-Nya.