Rekoleksi Pastores: Persaudaraan dalam Tugas Pelayanan

Pada hari Kamis, 13 November 2014 diadakan rekoleksi pastores Keuskupan Agung Kupang di Rumah Retret SSps Belo- Kupang. Rekoleksi ini dihadiri oleh seluruh imam se-Keuskupan Agung Kupang. Pertemuan dimulai pada pukul 17.30 sore dengan renungan yang diberikan oleh RD Kornelis Usboko, Pastor Kepala Paroki Santu Yosef Penfui. Dalam renungan yang bertema Persaudaraan dalam Perutusan Pastoral, Romo Nelis, berdasar pada perikop Injil Matius 10:1-10, mengungkapkan tiga hal tentang Model Persaudaraan Para Imam, Tugas Perutusan dalam Gereja, dan Persaudaraan yang membingkai perutusan pastoral para imam. “Kehidupan berkomunitas dalam persaudaraan, hendaknya membingkai seluruh tugas pelayanan pastoral kita. Hal-hal kecil seperti kebersamaan di mejamakan hendaknya mendapat perhatian. Dari kebersamaan yang nampak sepele tapi bersifat tetap dan rutin inilah, persaudaraan kita bisa terbangun. Dalam hal cinta dan persaudaraan, kualitas hanya mungkin ada sesudah kuantitas”. Sesudah renungan, para imam diberi kesempatan untuk refleksi pribadi, sharing pengalaman dan menerima sakramen Rekonsiliasi.
 
Keesokan harinya, Jumat, 14 November 2014, acara dilanjutkan dengan pertemuan bersama Dr. Norbert Jegalus. Beliau berbicara tentang Kristokrasi. Para imam diajak untuk kembali menyegarkan pemahaman tentang Hirerarki Gereja Katolik yang berpusat pada Kristus sebagai Kepala Gereja. Oleh Pak Norbert, para imam diajak untuk merenungkan makna Kristokrasi dalam Pelayanan, Otoritas dan Persahabatan para Imam.  Kristokrasi, berarti Kristus sendiri adalah kepala Gereja, yang diwujudkan di dunia secara sakramental oleh Uskup, dan Imam (dan diakon) sebagai pembantu Uskup. “Ketaatan kepada pemimpin Gereja hendaknya disertai dengan sikap respek dan hormat. Dengan taat kepada pemimpin Gereja, berarti seseorang taat dan hormat kepada Kristus sendiri dengan Gereja-Nya.” Selain tentang hierarki, pada kesempatan itu didiskusikan bersama pula tentang semangat demokrasi dalam Gereja. Prinsip demokrasi sama sekali bertentangan dengan hierarki Gereja. Kendati dalam hal-hal praktis pastoral, semangat demokrasi seperti musyawarah untuk mufakat boleh diterima. “Contohnya, umat boleh menyampaikan pendapat dan aspirasinya kepada pastor tetapi semua diputuskan atau ditentukan oleh pastor: sebagai pemegang dan pengambil keputusan terakhir.”
 
Pertemuan dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari  Vikjen KAK, RD Gerardus Duka. Romo Dus mengingatkan kembali tentang arah dasar pastoral KAK dan persiapan Musyawarah Pastoral KAK 2015. Persiapan untuk musyawarah tersebut menyangkut beberapa hal seperti Kepedulian Lingkungan, Peranan Awam dan Pastoral Bina Iman. Sementara itu, masa penugasan berkala 6 tahunan para pastor yang semestinya sudah berakhir, masih diperpanjang satu tahun lagi; sebuah kesempatan bagi para pastor paroki/lembaga untuk mengadakan evaluasi menyeluruh terhadapa tugas pastoral masing-masing.
 
Kegiatan rekoleksi dan pertemuan ini berakhir sesudah makan siang. Para pastor kembali ke tempat tugas masing-masing dengan semangat baru. Dominus nobiscum!

Suara Gembala

Pesan Paskah Uskup Agung Kupang

“Jangalah seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.” (1Kor 10:24)
 
Saudara-saudari terkasih,

Tokoh

Beato Yohanes Gabriel Perboyre, Martir

Ketika masih kanak – kanak, Yohanes sudah terbiasa dengan kerja keras. Ia biasa membantu ayahnya menggembalakan ternak – ternak mereka di padang. Pada umur 8 tahun, ia masuk sekolah atas ijin ayahnya. Kemudian ia mengikuti pendidikan imam di seminari menengah.

Renungan Harian

Salib Adalah Tanda Kerahiman Allah

Jumat, 14 September 2018 - Pesta Salib Suci
Bil. 21:4-9; Mzm. 78:1-2,34-35,36-37,38; Flp. 2:6-11; Yoh. 3:13-17.
BcO Gal. 2:19-3:7,13-14; 6:14-18 Est. 1:1-3,9-16,19; 2:5-10,16-17.

Hari ini Gereja Katolik merayakan pesta Salib Suci. Secara liturgis, Pesta ini dirayakan di dalam Gereja Katolik untuk mengenang penemuan Salib Yesus oleh St. Helena, ibunda dari Kaisar Konstantinus pada tanggal 18 Agustus 320.