Peziarahan Kita Harus Punya Pesan Yang Istimewah

“Kita datang ke sini untuk merenungkan peziarahan iman kita. Kita datang untuk melihat, mempelajari kembali iman kita dengan melangkah, sehingga perjalanan hidup kita menjadi suatu kisah yang di dalamnya kita melibatkan Yesus Kristus, Sang Penyelamat. Peziarahan yang kita alami di tempat ini, harus membangun suatu kekuatan dalam diri kita, harus menjadi pemicu yang selalu mengingatkan pikiran dan hati kita bahwa perjalanan hidup iman kita itu memang tidak mudah, tetapi kita mendapatkan kekuatan untuk menyampaikannya kepada orang lain, kepada dunia ini bahwa iman kita kepada Yesus Kristus itu memberikan suatu kekuatan kepada kita.”
 
Demikian disampaikan Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang dalam kotbahnya pada Perayaan Ekaristi lima tahun Taman Ziarah Yesus Maria Oebelo, yang berlangsung Sabtu, 24 November 2018.
 
Di hadapan ribuan umat yang memadati pelataran Kapela St Yohanes Paulus II – Taman Ziarah Yesus Maria Oebelo ini, lebih lanjut Mgr. Turang kembali mengajak segenap umat Katolik yang menggunakan sarana Taman Ziarah ini, agar menjadikan peziarahan di tempat ini sebagai sesuatu yang membawa dampak sosial. Karena itu setiap peziarah harus menjadi penyalur rahmat Allah di dalam hidupnya karena manusia hidup dalam kebersamaan.
 
“Taman ziarah ini sebagai sebuah sarana, harus menjadi sesuatu yang menimbulkan passion, emosional yang membuat bahwa kita mempunyai kepedulian berbagi dengan orang-orang lain. Jadi rahmat yang kita dapat di sini itu bukan hanya untuk kita sendiri, tetapi juga untuk pengembangan yang lebih luas, yang mencakup lebih banyak orang, supaya perjalanan ziarah iman kita itu tidak menjadi beku, tetapi mencair, meluncur kepada banyak orang. Untuk itu, kehidupan iman yang kita alami dalam peziarahan itu, harus dibagikan, harus menjadi sesuatu yang umum dan publik sehingga dia tumbuh dalam kehidupan Bersama,” tegas Mgr. Turang.
 
Selain ditandai dengan perayaan Ekaristi bersama yang dimpimpin oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, dengan didampingi oleh sejumlah besar iman konselebran, perayaan ulang tahun Taman Ziarah yang diberkati oleh Cardinal Stanislaw Rylko pada tanggal 25 November 2013 ini juga diisi dengan kegiatan camping rohani bagi Orang Muda Katolik Keuskupan Agung Kupang, yang berlangsung sejak Jumat, 23 November 2018 sampai Minggu, 25 November 2018. Adapun camping rohani ini dilangsungkan dengan tujuan untuk semakin menumbuhkan militansi OMK dalam kehidupan imannya dan bagaimana menyatakan imannya itu dalam hidup sehari-hari.***

Suara Gembala

Pesan Paskah Uskup Agung Kupang

“Jangalah seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.” (1Kor 10:24)
 
Saudara-saudari terkasih,

Tokoh

Santo Paus Leo Agung

Santo Paus Leo I adalah Paus ke-45 dalam sejarah Gereja Katolik. Ia merupakan yang pertama dari 4 orang Paus yang dianugerahi gelar "Agung" (the Great).

Renungan Harian

Mari, ikutlah Aku

Jumat, 30 Nopember 2018, Pesta S. Andreas, Ras (M). E Kem PrefRas.
BcE Rm. 10:9-18; Mzm. 19:2-3,4-5; Mat. 4:18-22.
O AllTuh. BcO 1Kor. 1: 17 - 2:5.

Pada hari ini kita merayakan pesta St. Andreas, rasul. Andreas dikenal sebagai saudara dari Simon Petrus, ia berasal dari kota Betsaida. Menurut Injil Yohanes, Andreas adalah seorang murid Yohanes Pembaptis.