Kamu Telah Menerima Dengan Cuma-Cuma

Bacaan: 

Sabtu, 5 Desember 2020 -- Hari Biasa Pekan I Adven
Yes. 30:19-21,23-26; Mzm. 147:1-2,3-4,5-6; Mat. 9:35-10:1,6-8. BcO Yes. 13:1-22a.
warna liturgi Ungu

Yesus dalam Injil hari ini dikisahkan berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Dan ketika melihat orang banyak, hatinya tergerak oleh belas kasihan kepada mereka. Karena belas kasih-Nya itulah, Ia lalu berkata kepada para murid-Nya, ““Tuaian memang banyak tetapi pekerjanya sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”
 
Membaca dan merenungkan Injil hari ini dalam konteks kita sekarang, pikiran kita hendaknya tak hanya tertuju pada berapa banyak misionaris, imam, suster, frater, bruder yang melakukan pelayanan pastoral, tetapi hendaknya juga menyadarkan kita akan panggilan dan tugas perutusan setiap pengikut Kristus untuk juga menjadi pewarta kasih dan kebaikan Tuhan di tengah dunia. Tuhan telah memperlengkapkan kita dengan segala berkat dan kerahimannya, agar kita sanggup melakukan pekerjaan-pekerjaan Tuhan sendiri. Oleh karena itu Yesus pun mengingatkan kita, : “Kamu telah menerima dengan cuma-cuma maka berikanlah juga dengan cuma-cuma.”
 
Yesus menghendaki agar di dalam menghadirkan kasih dan kerahiman Tuhan di tengah dunia, para pengikut-Nya tidaklah terikat pada perhitungan-perhitungan manuisawi. Karena perhitungan-perhitungan manusiawi akan membuat kita kehilangan orientasi utama dalam karya pewartaan kita di tengah dunia.
 
Tuhan Yesus Kristus, Engkau adalah Tuhan dan Raja kami. Bantulah kami supaya setia mengikuti kehendakMu dan melayaniMu dengan sukacita. Amen

Suara Gembala

Pesan Paskah 2021 dari Uskup Agung Kupang

“Kalau kamu dibangkitkan bersama Kristus, carilah perkara yang diatas, di mana Kristus ada, duduk disebelah kanan Allah” (Kol 3:1)
 
Saudara-saudari terkasih: Umat Katolik se-Keuskupan Agung Kupang,

Tokoh

Santo Polikarpus

Polikarpus lahir antara tahun 69 hingga 80. Ia adalah murid langsung dari Rasul Yohanes, saudara Yakobus; dua bersaudara, yang sangat dikasihi Yesus. Ia dibabtis menjadi seorang Kristen oleh Rasul Yohanes ketika pengikut Kristus masih sangat sedikit jumlahnya.

Renungan Harian

Kamu Telah Menerima Dengan Cuma-Cuma

Sabtu, 5 Desember 2020 -- Hari Biasa Pekan I Adven

Yesus dalam Injil hari ini dikisahkan berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Dan ketika melihat orang banyak, hatinya tergerak oleh belas kasihan kepada mereka.